Hubungan Perilaku Konformitas pada Kelompok Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Camba Maros.

Sri, Rahayu (2014) Hubungan Perilaku Konformitas pada Kelompok Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Camba Maros. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SRI RAHAYU.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK SRI RAHAYU, 2014. Hubungan Perilaku Konformitas pada Kelompok Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Camba Maros. Skripsi. Jurusan IPS, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Ibrahim, S.Ag, M.Pd dan Muhammad Zulfadli, SH, M.Hum) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran perilaku konformitas pada kelompok belajar di SMP Negeri 3 Camba Maros, (2) gambaran tingkat hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Camba Maros, dan (3) ada tidaknya hubungan perilaku konformitas pada kelompok belajar dengan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Camba Maros. Penelitian ini menggunakan penelitian expost facto yang bersifat korelasional. Variabel penelitian terdiri dari perilaku konformitas pada kelompok belajar di SMP Negeri 3 Camba Maros (variabel X) dan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Camba Maros (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Camba Maros yang berjumlah 425 orang serta yang menjadi sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) gambaran perilaku konformitas pada kelompok belajar di SMP Negeri 3 Camba Maros dalam kategori “cukup tinggi” hal ini ditinjau dari aspek perilaku konformitas yaitu orang lain dianggap sebagai sumber informasi, tingginya kepercayaan terhadap kelompok, kepercayaan yang lemah terhadap penilaian sendiri, rasa takut terhadap celaan sosial, rasa takut terhadap penyimpangan dan (2) gambaran tingkat hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Camba Maros tergolong dalam kategori “baik” hal ini ditinjau dari nilai rapor siswa di SMP Negeri 3 Camba Maros. Serta (3) Terdapat hubungan antara perilaku konformitas pada kelompok belajar dengan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Camba Maros yang berada pada kategori “Kuat”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: ?? sch_law ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:02
Last Modified: 25 Apr 2016 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item