“Studi Tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas pada Guru PKn di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone.” Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar.

MUFLIHA, HAERATI (2014) “Studi Tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas pada Guru PKn di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone.” Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
MUFLIHA HAERATI,.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUFLIHA HAERATI, 2014. “Studi Tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas pada Guru PKn di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone.” Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai: Kemampuan guru mengelola kelas dalam pembelajaran PKn di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam pengelolaan kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone, dan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan mutu dalam pengelolaan kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru PKn mengelola kelas dalam pembelajaran PKn di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone dikelompokkan dalam dua hal penting yang pertama, kemampuan guru PKn dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar dinilai sudah baik dimana hal ini dibuktikan dengan adanya kemampuan guru PKn dalam menguasai sikap tanggap, membagi perhatian, pemusatan perhatian kelompok, pengarahan dan petunjuk yang jelas, teguran, dan penguatan. Kedua, kemampuan guru terkait dengan pengembalian kondisi belajar juga sudah dianggap baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kemampuan guru PKn dalam menguasai pemodifikasian tingkah laku, pendekatan pemecahan kelompok, dan penemuan dan pemecahan tingkah laku yang menimbulkan masalah. Selain itu kemampuan Guru PKn dalam pengelolaan kelas terkait tentang penataan ruang kelas juga dapat dikatakan relatif baik. Kemudian kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam pengelolaan kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone yaitu adanya peserta didik yang kurang fokus dalam proses pembelajaran. Serta upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan mutu dalam pengelolaan kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone yaitu kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik secara terprogram dengan tujuan untuk lebih meningkatkan mutu khususnya dalam pengelolaan kelas, dan juga tujuan supervisi tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti termasuk di dalamnya pengelolaan kelas itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: ?? sch_hum ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:02
Last Modified: 25 Apr 2016 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item