Pengembangan Sumber Belajar Genetika Berbasis E-Magazine Bagi Siswa SMA

Arifin, arifah novia and Bahri, Arsad and Palennari, M and Saputra, yogi (2020) Pengembangan Sumber Belajar Genetika Berbasis E-Magazine Bagi Siswa SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi, LP2M UNM.

[img] Text
25. E-magazine.pdf

Download (545kB)
[img] Text
25. Review Pengembangan Sumber Belajar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Kurangnya penggunaan sumber belajar yang inovatif merupakan salah satu penyebab kejenuhan dalam proses pembelajaran yang berdampak buruk pada motivasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar bernama e-magazine menggunakan flipcreator pada materi genetika sebagai sumber belajar untuk kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Uji validitas sumber daya dan materi pembelajaran didasarkan pada hasil dua validator ahli dan uji kepraktisan didasarkan pada respons guru dan siswa tentang penggunaan sumberdaya pembelajaran. Kemudian, sumber belajar ini diimplementasikan di kelas XII SMAN 6 MarosMIA 3dengan subjek penelitian adalah dua guru biologi dan 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan sumber belajar dengan skor rata-rata 4,53 berada dalam kategori valid. Hasil uji coba lapangan pada respon guru dan siswamemperoleh95% dari total nilairespon guru, sedangkan nilai tes siswa diperoleh77%, keduanya dalam kategori respon positif yang dinyatakan praktis. Sumber belajar yang bernama e-magazine ini valid dan praktis, tetapi bagaimana pun, masih perlu untuk mengujike efektifan untuk mengukur motivasi belajar siswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 26 Mar 2022 04:56
Last Modified: 29 Mar 2022 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22665

Actions (login required)

View Item View Item