Reading-Concept Map pada Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa

Sura, Yoel and Syamsiah, Syamsiah and Bahri, Arsad (2020) Reading-Concept Map pada Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3 (1). pp. 46-51. ISSN 2621 – 5535

[img] Text
15. Remap BTL 2020.pdf

Download (274kB)
[img] Text
15. Review Reading Concept Map.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/14299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Remap Coople NHT terhadap hasil belajar peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Remap Coople NHT dan pembelajaran langsung dengan metode ceramah, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Palopo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan g anda berjumlah 20 nomor sesuai dengan tujuan pembelajaran. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Remap Coople NHT terhadap hasil belajar peserta didik Biologi kelas XI Mia SMA Negeri 1 Palopo.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:49
Last Modified: 29 Mar 2022 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item