SUHAEDIR BACHTIAR. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Binamu

BACHTIAR, SUHAEDIR (2013) SUHAEDIR BACHTIAR. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Binamu. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SUHAEDIR BACHTIAR. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Binamu (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Nurdin Arsyad) Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL; (ii) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kesadaran metakognitif sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL; (iii) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif biologi sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, (iv) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, (v) Untuk mengetahui peningkatan kesadaran metakognitif sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, (vi) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif biologi sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, (vii) Untuk mengetahui korelasi antara peningkatan hasil belajar kognitif dengan kemampuan berpikir kritis, (viii) Untuk mengetahui korelasi antara peningkatan hasil belajar kognitif dengan kesadaran metakognitif, (ix) Untuk mengetahui korelasi antara peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan kesadaran metakognitif, dan (x) untuk mengetahui korelasi antara peningkatan hasil belajar kognitif dengan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran metakognitif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Binamu. Penelitian ini adalah pra eksperimen (pre-experimental design) dengan rancangan One Group Pretest-Posttest design. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diambil melalui cluster random sampling (pengacakan kelas) dengan asumsi bahwa semua kelas di SMA Negeri 1 Binamu adalah homogen atau memiliki kemampuan yang hampir sama dikarenakan sistem penerimaan siswa di sekolah tersebut melalui jalur tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, angket MAI (Matacognitive Awareness Inventori) untuk mengukur kesadaran metakognitif, Tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar kognitif biologi siswa pada materi sistem ekskresi yang berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Untuk menggambarkan hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kognitif digunakan analisis statistik inferensial dengan uji korelasi product-moment satu jalur dan regresi berganda serta dibantu dengan software SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan nilai rata-rata pretest 46,61, sedangkan nilai rata-rata posttest 85,38; (ii) Ada peningkatan kesadaran metakognitif dengan nilai rata-rata pretest 78,55, sedangkan nilai rata-rata posttest 90,23; (iii) Ada peningkatan hasil belajar kognitif biologi dengan nilai rata-rata 37,07 sedangkan nilai rata-rata posttest 78,67, (iv) Ada peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, yaitu 38,77, (v) Ada peningkatan signifikan kesadaran metakognitif sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, yaitu 11,68, (vi) Ada peningkatan signifikan hasil belajar kognitif biologi sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, yaitu 41,60, (vii) Terdapat korelasi yang positif antara hasil belajar kognitif dengan kemampuan berpikir kritis, (viii) Terdapat korelasi yang positif antara hasil belajar kognif dengan kesadaran metakognitif, (ix) Terdapat korelasi yang negatif antara kemampuan berpikir kritis dengan kesadaran metakognitif, dan (x) Terdapat korelasi antara peningkatan hasil belajar kognitif dengan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran metakognitif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Binamu. Kata kunci: Pembelajaran PBL, Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran metakognitif, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:33
Last Modified: 21 Mar 2017 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item