HASNAWATI, HASNAWATI (2021) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM BENTUK PADUAN SUARA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMAN 15 WAJO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
Artikel Hasnawati - Hasnawati Pg.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Bagaimana hasil penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi dalam bentuk paduan suara pada kegiatan ekstrakulikuler. (2) Bagaimana peningkatan kemampuan bernyanyi dalam bentuk paduan suara setelah diterapkan metode drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Action Research atau disebut juga dengan penelitian tindakan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes kinerja. Penelitian ini terbagi atas dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa. Pada Prasiklus nilai rata-rata 54,5 dengan keterangan 9 orang memperoleh kategori cukup, dan 11 orang dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata 65,5 dengan keterangan 2 orang kategori baik dan 18 orang dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata 81 dengan keterangan 3 orang kategori sangat baik, 2 orang dengan kategori cukup, dan 15 orang dengan kategori baik. Kata kunci : Metode drill, Paduan Suara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:38 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22450 |
Actions (login required)
View Item |