PENERAPAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 PINRANG

HARDIYANTY, ANANDA (2021) PENERAPAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 PINRANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL ANANDA HARDIYANTY.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 20 orang siswa, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menari khususnya tari kreasi yang ada di Sulawesi selatan. Penelitian ini memiliki 2 rumusan masalah yaitu 1. Bagaimana proses penerapan outdoor learning untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XI SMAN 11 Pinrang 2. Bagaimana hasil penerapan outdoor learning dala meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran seni tari. Metode yang digunakan dalam pembelajaran demosntrasi outdoor learning atau Pembelajaran yang dilakukan di luar kelas untuk meningkatkan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan dalam pembelajaran outdoor learning untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pemebelajaran seni tari siswa kelas XI di SMAN 11 Pinrang. rata-rata nilai siswa pada kondisi pra siklus yaitu 5,5 dan pada kondisi siklus I yaitu 70 dan meningkat pada siklus II yaitu 83, data ketuntasan belajar klasikal secara berturut-turut adalah 5,5% pada kondisi pra siklus, dan dikondisi siklus I 70,5% dan sangat meningkat di siklus II yaitu 90%. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 85% < siswa mencapai nilai KKM 75. Ssehingga penelitian ini Dapat disimpulkan bahwa penerapan outdoor learning untuk meningkatkan keterampilan siswa dala pemebelajaran seni tari siswa kelas XI SMAN 11 Pinrang mengalami peningkatan dan dapat dikatakan berhasil. Kata kunci: outdoor learning, keterampilan, seni tari

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:38
Last Modified: 12 Apr 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22028

Actions (login required)

View Item View Item