Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Budaya Aspek Teater di SMA Negeri 2 Sinjai

Nurhabibah, Sitti (2021) Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Budaya Aspek Teater di SMA Negeri 2 Sinjai. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL SITTI NURHABIBAH.pdf

Download (256kB)

Abstract

Pembelajaran seni teater adalah suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk membentuk dan mengembangkan watak peserta didik agar mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pentingnya kecerdasan emosional bagi peserta didik yang dilihat melalui pembelajaran seni budaya aspek teater. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Bagaimana proses pembelajaran seni budaya aspek teater di SMA Negeri 2 Sinjai? 2. Bagaimana kecerdasan emosional peserta didik pada pembelajaran seni budaya aspek teater di SMA Negeri 2 Sinjai? 3. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kecerdasan emosional pada pembelajaran seni budaya aspek teater di SMA Negeri 2 Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan criterion-based selection. adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah, kecerdasan emosional dalam pembelajaran seni budaya aspek teater yang bertempat di Sinjai Selatan Kab. Sinjai Sedangkan objek dalam penelitian ini peneliti akan menjadikan peserta didik sebagai objek yang akan di teliti. Pada penelitian ini diambil objek hanya 1 kelas saja di SMA Negeri 2 Sinjai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang peneliti lakukan meliputi pengumpulan data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembembelajaran seni budaya aspek teater di SMA Negeri 2 Sinjai guru menggunakan metode pembelajaran presentasi, dimana siswa yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. (2) Kecerdasan emosional peserta didik SMA Negeri 2 Sinjai pada pembelajaran seni budaya aspek teater dari keseluruhan responden yang menjadi subjek penelitian memiliki kecerdasan emosional yang relatif sedang. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional peserta didik pada pembelajaran seni budaya aspek teater yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang meliputi sikap, bakat, minat dan motivasi peserta didik yang terdiri dari sikap, bakat, minat, motivasi peserta didik. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:09
Last Modified: 28 Mar 2022 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item