Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek

Inanna, Inanna and RAHMATULLAH, RAHMATULLAH and Hasan, Muhammad (2021) Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek. Tahta Media Group, Klaten, Jawa Tengah. ISBN 978-623-6436-29-5

[img] Text
FIX BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam setiap jalan kehidupan, proses evaluasi berlangsung dalam beberapa bentuk. Jika proses evaluasi dihilangkan dari kehidupan manusia maka mungkin tujuan hidup tidak dapat tercapai. Hanya melalui evaluasi seseorang dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk. Dalam pendidikan seberapa berhasil seorang anak dalam cita-citanya, hanya dapat ditentukan melalui evaluasi. Dengan demikian ada hubungan yang erat antara evaluasi dan tujuan. Pendidikan dianggap sebagai investasi manusia dalam hal pengembangan sumber daya manusia, keterampilan, motivasi, pengetahuan dan sejenisnya. Evaluasi membantu membangun program pendidikan, menilai pencapaiannya dan meningkatkan efektivitasnya. Evaluasi memainkan peran yang sangat besar dalam proses pembelajaran. Evaluasi membantu pendidik dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Evaluasi merupakan suatu proses yang berkelanjutan. Dalam pembelajaran, evaluasi berkaitan dengan menilai efektivitas strategi, metode dan teknik pembelajaran. Evaluasi memberikan umpan balik kepada pendidik tentang pembelajaran mereka. Bagi kurikulum, evaluasi berperan dalam peningkatan kualitas kurikulum dan bahan ajar, sedangkan bagi masyarakat, evaluasi memberikan akuntabilitas kepada masyarakat sehubungan dengan keterkaitan antara capaian pembelajaran dengan tuntutan dan persyaratan pasar kerja. Berdasarkan perspektif tersebut, buku "Evaluasi Pembelajaran" ini disusun dalam perspektif teori dan praktek.

Item Type: Book
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:45
Last Modified: 05 Oct 2021 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21188

Actions (login required)

View Item View Item