PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI MENGANCING BAJU PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI MEDIA MODEL BANTAL BERKACING LENGAN PENDEK KELAS VI C DI SLB NEGERI 1 BARRU

Muhammad, Muhammad (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI MENGANCING BAJU PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI MEDIA MODEL BANTAL BERKACING LENGAN PENDEK KELAS VI C DI SLB NEGERI 1 BARRU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL MUHAMMAD.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan bina diri mengancing baju murid tunagrahita sedang pada mata pelajaran bina diri khususnya kemandirian mengancing baju di SLB Negeri 1 Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimanakah meningkatkan keterampilan bina diri mengancing baju pada murid tunagrahita sedang melalui model bantal berkancing kelas VI C DI SLB Negeri 1 Barru” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : Untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan bina diri mengancing baju Pada murid tunagrahita sedang kelas VI di SLB Negeri 1 Barru Melalui Media Model Bantal Berkancing Lengan Pendek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita sedang kelas VI C berinisial WI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Keterampilan bina diri mengancing baju subjek WI sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) Keterampilan bina diri mengancing baju subjek WI selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), (3) Keterampilan bina diri mengancing baju subjek WI setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) Peningkatan keterampilan bina diri mengancing baju subjek WI berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan keterampilan bina diri mengancing baju murid sangat rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek WI lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian keterampilan bina diri mengancing baju murid setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Media Model Bantal Berkancing Lengan Pendek, Mengancing Baju, Tunagrahita Sedang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Sep 2021 05:18
Last Modified: 22 Sep 2021 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21133

Actions (login required)

View Item View Item