PENGARUH STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SD INPRES SAMBUNG JAWA 1 KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

ANGGINADISKA L, GERALDINE (2021) PENGARUH STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SD INPRES SAMBUNG JAWA 1 KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Skripsi Lengkap.1-1.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan siklus belajar terhadap keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SD Inpres Sambung Jawa 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan strategi menulis terbimbing dan variabel terikat adalah hasil belajar keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SD Inpres Sambung Jawa 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Sambung Jawa 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar sebanyak 29 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa Kelas IV sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar Bahasa Indonesia berupa pretest dan posttest. Teknis analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai probabilitas lebih besar dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi menulis terbimbing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SD Inpres Sambung Jawa 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Kata Kunci: Strategi Menulis Terbimbing, Keterampilan Menulis Cerita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:56
Last Modified: 20 Sep 2021 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21114

Actions (login required)

View Item View Item