ISI DAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT SENI BUDAYA TENTANG BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI DI SMA YP PGRI 3 MAKASSAR

AZIS, MUH. (2021) ISI DAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT SENI BUDAYA TENTANG BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI DI SMA YP PGRI 3 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas isi dan desain media pembelajaran PowerPoint seni budaya tentang berkarya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di SMA YP PGRI 3 Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan metode Content Analysis. Sasaran penelitian ini adalah media pembelajaran PowerPoint yang digunakan oleh guru seni budaya dalam pembelajaran seni rupa. Teknik pengumpulan data yaitu pengumpulan dokumen dalam hal ini media pembelajaran PowerPoint yang digunakan oleh guru mata pelajaran seni budaya dalam bentuk file. Analisis data kuantitatif dengan mengaitkan kriteria penilaian dengan kualitas isi dan kualitas desain media pembelajaran PowerPoint. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa PowerPoint “Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi”, keakuratan PowerPoint tersebut menjabarkan semua materi yang tercakup dalam kurikulum mengenai “Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi” dan tingkat kejelasan teori secara keseluruhan sudah bagus karena tidak adanya kata atau kalimat yang tidak jelas, kelengkapan pada PowerPoint tersebut tidak adanya gambar/foto sama sekali. Dari segi kualitas desain media pembelajaran, PowerPoint tersebut terlalu banyak penggunaan teks sebagai point penjelas dari sub materi dan juga terdapat beberap teks yang salah ketik. Namun dari segi penggunaan warna dan huruf, PowerPoint ini sudah cukup baik.“Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi”, keakuratan PowerPoint tersebut menjabarkan semua materi yang tercakup dalam kurikulum mengenai “Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi” dan tingkat kejelasan teori secara keseluruhan sudah bagus karena tidak adanya kata atau kalimat yang tidak jelas,serta kelengkapan pada PowerPoint tersebut tidak adanya gambar/foto sama sekali. Dari segi kualitas desain media pembelajaran ini sama dengan kualitas PowerPoint “Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi”, yakni PowerPoint tersebut terlalu banyak penggunaan teks sebagai point penjelas dari sub materi dan juga terdapat beberap teks yang salah ketik. Namun dari segi penggunaan warna dan huruf, PowerPoint ini sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 05:16
Last Modified: 17 Sep 2021 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item