PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PRAKTEK TARI PADA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 20 MAKASSAR

FAHIRA ISLAMI SRI RESKI, VIRDHA (2021) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PRAKTEK TARI PADA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 20 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL VIRDHA FAHIRA ISLAMI SRI RESKI 1782042007.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar praktek tari. Diadakannya penelitian ini sebabkan kurangnya metode pembelajaran yang dilakukan dalam sehingga kurangnya minat siswa dalam pembelajaran praktek tari. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Mipa 3 SMA Negeri 20 Makassar. Lokasi penelitian di SMA Negeri 20 Makassar yang terletak di Jalan Bonto Biraeng, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang: (1) Bagaimana penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan minat belajar praktek tari pada siswa kelas X Mipa 3 SMA Negeri 20 Makassar, dan (2) Bagaimana peningkatan minat belajar tari setelah diterapkan metode tutor sebaya pada pembelajaran praktek tari pada siswa kelas X Mipa SMA Negeri 20 Makassar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan metode tutor sebaya yang dilakukan dalam 2 siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, Evaluasi, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian, angket, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa: (1) Pada saat pra siklus siswa masih sangat kurang berminat dalam pembelajaran tari sehingga terus diberikan motivasi, (2) Siklus I diadakan siswa masih kurang fokus dalam pembelajaran, siswa juga masih kurang memahami praktek tari saman terutama dengan lirik lagu, (3) Siklus II diadakan siswa sudah mulai memahami pembelajaran praktek tari dan minat siswa terlihat meningkat, tutor didalam kelompok juga memberikan pemahaman dengan baik kepada teman kelompoknya yang kurang memahami pembelajaran, dan (4) Penerapan metode tutor sebaya dengan materi tari kreasi daerah lain (nusantara) yaitu tari saman sebaya upaya peningkatan minat belajar praktek tari pada siswa kelas X Mipa 3 SMA Negeri 20 Makassar terbukti mampu memberikan dampak yang positif terhadap siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:16
Last Modified: 13 Sep 2021 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21062

Actions (login required)

View Item View Item