PENGARUH KETERAMPILAN MENGGUNAKAN VARIASI OLEH GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PANGKEP

WAHAB, ABDUL (2021) PENGARUH KETERAMPILAN MENGGUNAKAN VARIASI OLEH GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PANGKEP. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-ABDUL WAHAB-1692042004-PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (153kB)

Abstract

The Effect of Skills Using Variations by Teachers on the Learning Activeness of Class XI Students in the Accounting Skills Program at SMK Negeri 1 Pangkep ABDUL WAHAB Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar E-mail:abdulwahab00231@gmail.com RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menggunakan variasi oleh guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Pangkep. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menggunakan variasi oleh guru (X) dan keaktifan belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sementara uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, uji t, koefisien determinasi dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis regeresi linear sederhana diperoleh model persamaan "Y" ̂= 32,055 + 0,470X yang berarti tiap penambahan 1 satuan nilai keterampilan menggunakan variasi oleh guru, maka nilai keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,470 satuan. Analisis uji t diperoleh nilai 0,010<0,05 yang berarti keterampilan menggunakan variasi oleh guru berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 17,8% yang berarti keterampilan menggunakan variasi oleh guru memiliki kontribusi terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 17,8 persen dan sisanya 82,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,422 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang berarti memiliki hubungan yang sedang antara keterampilan menggunakan variasi oleh guru terhadap keaktifan belajar siswa. Kata kunci: Keterampilan Menggunakan Variasi, Keaktifan Belajar

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:39
Last Modified: 03 Sep 2021 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item