MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT GERAK TARI DAN DESAIN KELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS Xl IPS SMA PGRI SUNGGUMINASA GOWA

JUNIANTI, MURNI (2019) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT GERAK TARI DAN DESAIN KELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS Xl IPS SMA PGRI SUNGGUMINASA GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL MURNI JUNIANTI.pdf

Download (473kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab masalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat gerak tari dan desain kelompok pada siswa kelas XI IPS SMA PGRI Sungguminasa. 2) Bagaimana peningkatan kreativitas dalam membuat gerak tari dan desain kelompok setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas XI IPS SMA PGRI Sungguminasa. Dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi terhadap kondisi atau bagaimana cara guru menerapkan materinya, wawancara terhadap guru mata pelajaran, dan tes unjuk kerja untuk melakukan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu menemukan, menciptakan, mengimajinasikan, mengonsepkan dan membentuk. Adapun teknik analisis data dalam melakukan penelitian yaitu dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pda siklus pertama dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan sampai dengan siswa mempertunjukkan hasil dari kreativitas kelompoknya masing-masing tapi pada siklus I siswa belum begitu percaya diri dalam memperlihatkan karya mereka sendiri sehingga dalam siklus I perlu untuk diperbaiki pada siklus II agar kreativitas siswa lebih meningkat. Siswa XI IPS dalam penerimaan suatu pembelajaran mudah untuk memahami tetapi yang kurang adalah kepercayaan diri mereka sehingga pada siklus II kepercayaan diri mereka mulai meningkat dan pengetahuan siswa tentang model pembelajaran sudah dipahami sehingga pada perolehan pada siklus I sebanak 29% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah perolehan sebanyak 74%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:31
Last Modified: 26 Aug 2021 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item