RIMPU: SUATU TINJAUAN ANTROPOLOGI BUDAYA (STUDI PADA PENGGUNA RIMPU di KECAMATAN WOHA, KABUPATEN BIMA, NUSA TENGARA BARAT)

Rizki, Adiyat and Kesuma, Andi Ima and Najamuddin, Najamuddin (2020) RIMPU: SUATU TINJAUAN ANTROPOLOGI BUDAYA (STUDI PADA PENGGUNA RIMPU di KECAMATAN WOHA, KABUPATEN BIMA, NUSA TENGARA BARAT). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL RIMPU ADIYAT RIZKI.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana perempuan Bima mendefinisikan dan memaknai rimpu. 2) mengetahui bagaimana eksistensi rimpu di tengah beragamnya pruduk pakaian penutup aurat modern. Dalam mengumpulkan data di lapangan, peneliti menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ada pun informan penelitian ditentukan secara sengaja berdasarkan kriteria yang telah disusun: 1) perempuan Bima dengan usia 17 tahun ke atas; 2) tokoh masyarakat yang mengenal rimpu lebih dalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interpretasi simbolik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) perempuan memaknai rimpu sebagai identitas, warisan leluhur, dan pakaian orang tua. 2) eksistensi pengguna rimpu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berangkat dari pandangan perempuan generasi muda yang menganggap rimpu sebagai pakaian kuno atau tradisional. selain itu, kurangnya sosialisasi nilai-nilai yang terkandung dalam rimpu dalam lingkungan kelurga menjadi faktor berkurangnya pengguna rimpu di kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Dan faktor eksternal yaitu banyaknya produk yang menggantikan fungsi rimpu sebagai penutup aurat belaka seperti kerudung dan gamis bagi perempuan. Kata Kunci : Perempuan Bima, rimpu, eksistensi, identitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Antropologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:18
Last Modified: 12 Jul 2021 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item