PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI UJIAN SKRIPSI DAN SEMINAR BERBASIS SMS GATEWAY PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Bumbungan, Oktavianus (2021) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI UJIAN SKRIPSI DAN SEMINAR BERBASIS SMS GATEWAY PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL OKTAVIANUS BUMBUNGAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
JURNAL OKTAVIANUS BUMBUNGAN.pdf

Download (490kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan pengembangan sistem informasi ujian skripsi dan seminar berbasis SMS Gateway pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar dalam mengoptimalkan proses penjadwalan dan penyampaian informasi ujian skripsi dan seminar pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian pengembangan yaitu jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan prototype. Jenis data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa angket dan teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode pengujian standar ISO 9126 melalui empat karakteristik kualitas yaitu functionality, usability, realibility dan portability. Adapun hasil dari pengujian sistem dari segi faktor functionality didapatkan tanggapan dari dua validator ahli adalah sistem ini layak untuk diimplementasikan. Hasil pengujian faktor usability didapatkan dari tanggapan 20 orang responden yang berinteraksi dengan sistem didapatkan persentase frekuensi jawaban 85,2 dengan kategori tanggapan sangat baik. Pengujian faktor realibility dilakukan dengan webserver stress tool 8 didapatkan persentase 97.12% telah memenuhi pengujian realibility sehingga sistem dinyatakan layak. Pengujian faktor portability dilakukan dengan menjalankan sistem pada lingkungan desktop dan mobile dan berhasil dijalankan. Kata Kunci: Ujian Skripsi, Seminar, SMS Gateway, Sistem Informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik elektro
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:09
Last Modified: 15 Jun 2021 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item View Item