Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan PAKEM Pada Kelas IX C3 SMP Negeri 7 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar

Andi, Trisnowali MS (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan PAKEM Pada Kelas IX C3 SMP Negeri 7 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Andi Trisnowali MS,.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Andi Trisnowali MS, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan PAKEM Pada Kelas IX C3 SMP Negeri 7 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan PAKEM pada kelas IX C3 SMP Negeri 7 Makassar semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian sebanyak 45 siswa. Siklus I dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika, lembar observasi siswa dan guru. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I banyaknya siswa yang hasil tes belajar matematika mencapai KKM matematika yang telah ditetapkan di sekolah adalah 31 siswa atau 68,88% dengan mean 72,8. Pada siklus II banyaknya siswa yang tes hasil belajar matematika mencapai KKM matematika yang telah ditetapkan di sekolah adalah 42 siswa atau 93,33% dengan mean 77,8. Hasil observasi kegiatan proses belajar matematika menunjukkan adanya perubahan sikap siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif dan lebih kreatif dalam proses belajar, keberanian siswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan guru mengalami peningkatan, kemampuan dalam merumuskan masalah yang solvable dari situasi yang diberikan mengalami peningkatan dan siswa yang percaya diri mengerjakan soal di papan tulis mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pendekatan PAKEM. ABSTRACT Andi Trisnowali MS, 2012. Improving Mathematics Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model of STAD Method with Active Learning Approach In Class IX C3 Junior High School 7 Makassar. Thesis. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Makassar. This research is a classroom action research, which is aimed to improve mathematics learning outcomes through cooperative learning model of STAD method with active learning approach in class XI C3 Junior High School 7 Makassar in odd semester of the school year 2011/2012 with research subject of 45 students. The first cycle was executed in 5 cycles of meetings and the second cycle was executed in 5 meetings. Data gathering was done by using, observation sheet of students and teacher. Furthermore, data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The results showed that in the first cycle, the number of students that had result of mathematics learning test score that reached the school’s predetermined mathematics KKM was 31 students or 68.88% with a mean of 72.8. In the second cycle, the number of students that had result of mathematics learning test score that reached the school’s predetermined mathematics KKM was 42 students or 93.33% 68.88% with a mean of 77.8. The observation of mathematical learning activities indicate change in the attitude of students i.e. the students become more active and more creative in learning process, the student’s courage to ask teacher about the subject material that they do not know and to answer the teacher’s questions was increased, the ability to formulate a solvable problem of a given situation has improvement, and number of student which has self-confident to work problems on the board was increased. This shows that during learning process be held, the result of mathematics learning of students has improvement after Cooperative Learning Model of STAD Method with Active Learning Approach have been applied. Keywords: The Learning of Mathematics, Cooperative Learning Model of STAD Method, Active Learning Approach.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:26
Last Modified: 08 Dec 2016 00:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item