Fungsi Partitur Dalam Pembelajaran Bermain Biola Pada Peserta Didik Di Pizzicato Violin Mini School Makassar

YUSUF, MARINA (2021) Fungsi Partitur Dalam Pembelajaran Bermain Biola Pada Peserta Didik Di Pizzicato Violin Mini School Makassar. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Marina Yusuf (1782041010).pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana fungsi partitur dalam proses pembelajaran bermain biola pada peserta didik di Pizzicato Violin Mini School Makassar dan fungsi partitur dalam bermain biola pada peserta didik di Pizzicato Violin Mini School Makassar. Penelitian dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan, teknik wawancara tidak terstruktur dan studi dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Berdasarkan metode dan teknik pengumpulan serta pengolahan data yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa fungsi partitur dalam proses pembelajaran bermain biola di Pizzicato Violin Mini School Makassar adalah (1) sebagai media belajar yang mampu menunjang peserta didik dalam memahami bentuk musik, unsur-unsur musik, teknik gesek, arah gesekan dan penempatan jari sehingga unsur estetika dan kekompakan grup dalam bermain biola juga tetap terjaga. (2) membuat instruktur serta proses belajar mengajar yang dilakukan menjadi lebih terarah dan (3) menjadikan instruktur dan peserta didik lebih mudah untuk saling memahami ketika terjadi kekeliruan dalam praktek memainkan instrumen (biola). Sedangkan fungsi penggunaan partitur sendiri bagi peserta didik di Pizzicato Violin Mini School Makassar yaitu: (1) membuat peserta didik mengerti dan memahami cara dan teknik memainkan biola dari hal yang paling dasar hingga hal yang lebih kompleks, (2) mampu menggantikan peran instruktur ketika peserta didik berada di rumah mereka masing-masing atau dimanapun itu sehingga mereka tetap dapat mengasah kemampuan mereka, (3) menunjang kemampuan peserta didik agar lebih handal dalam bermain alat musik biola sehingga kedepannnya dapat ikut bermain biola dalam perayaan-perayaan bergengsi serta ajang�ajang besar lainnya dan (4) penggunaan partitur secara terus-menerus selain menjadikan peserta didik terampil bermain juga dapat membentuk mental mereka menjadi pemusik professional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:48
Last Modified: 16 Jun 2021 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20274

Actions (login required)

View Item View Item