Penerapan Metode Simulasi Peer Teaching untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas X IPS 5 dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Negeri 1 Selayar

SUHARTINA, SUHARTINA (2021) Penerapan Metode Simulasi Peer Teaching untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas X IPS 5 dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Negeri 1 Selayar. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL SUHARTINA.pdf

Download (739kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa pada pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Selayar. Penelitian ini mengambil variabel kecerdasan interpersonal karena kecerdasan interpersonal anak masih perlu dikembangkan, seperti kerjasama dengan teman masih belum terpupuk, beberapa anak terlihat belum berbaur dengan teman dan kemampuan berempati anak masih rendah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 5 sebanyak 21 orang. Obyek dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75 % anak mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal melalui metode simulasi peer teaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode peer teaching. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kecerdasan interpersonal sebesar 51,78% yang mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60,33% dan pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,11%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:47
Last Modified: 16 Jun 2021 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20252

Actions (login required)

View Item View Item