KECENDERUNGAN PEMILIHAN CORAK DAN MEDIA LUKISAN PESERTA MATA KULIAH STUDI KHUSUS SENI LUKIS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Pebriansyah, Aswin (2019) KECENDERUNGAN PEMILIHAN CORAK DAN MEDIA LUKISAN PESERTA MATA KULIAH STUDI KHUSUS SENI LUKIS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (670kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecenderungan pemilihan corak dan media lukisan peserta Mata Kuliah Studi Khusus Seni Lukis pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber Data dalam penelitian yaitu 50 mahasiswa yang telah memprogramkan Mata Kuliah Studi Khusus Seni Lukis pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Kecenderungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam memilih corak dan media adalah beragam, dengan corak naturalisme yang paling dicenderungi. Dalam hal media yang digunakan dalam melukis, peserta cenderung memilih media basah yaitu cat minyak, cat air, dan akrilik. Alasan yang mendasari sehingga mahasiswa menentukan pilihan corak dan media yang digunakan karena untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya, serta mempertimbangkan faktor biaya. Kata Kunci: Kecenderungan, Corak, Media, Lukis, Peserta, Mata Kuliah, Studi Khusus Lukis, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:47
Last Modified: 16 Jun 2021 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20251

Actions (login required)

View Item View Item