Pengaruh Metode Ekspositori Disertai Pemberian Kuis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Makassar.

Agusalim, Juhari (2012) Pengaruh Metode Ekspositori Disertai Pemberian Kuis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Agusalim Juhari,.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Agusalim Juhari, 2012. Pengaruh Metode Ekspositori Disertai Pemberian Kuis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar tingkat prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori disertai pemberian kuis (2) Apakah metode ekspositori disertai pemberian kuis berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII2, VIII3, VIII4, VIII5 SMP Negeri 22 Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dan dipilih secara teknik random sederhana 2 kelas sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut : (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori disertai pemberian kuis berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 70,65 dengan standar deviasi 14,32 dari skor ideal 100 dan (2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori tanpa disertai pemberian kuis berada pada kategori sedang yaitu sebesar 56,85 dengan standar deviasi 15,13 dari skor ideal 100. Dari hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai signifikansi uji T oleh p-value < α yaitu 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak atau terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori disertai pemberian kuis dengan menggunakan metode ekspositori tanpa disertai pemberian kuis. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode ekspositori disertai pemberian kuis lebih baik dibandingkan dengan metode ekspositori tanpa disertai pemberian kuis.   ABSTRACT Agusalim Juhari, 2012. The Influence of Expository Method with Given a Quiz toward the Eighth Year Students’ Mathematics Learning Achievement of Junior High School 22 of Makassar. A Thesis. Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Sciences, State University of Makassar. The type of this research is an experimental research for two groups who were given a different treatment. This study was aimed to determine (1) how much the extend to mathematics learning achievement of students who were taught by using the expository method with given a quiz and (2) the expository method with given a quiz has a positive effect in mathematics learning achievement of students. The population of this study was the students from class VIII2, class VIII3, class VIII4, and class VIII5 of junior high school 22 of Makassar on even semester in 2011/2012 academic year and was chosen by a simple random sampling as two class’ samples. Techniques of data analysis performed by using descriptive and inferential statistical techniques. The results of descriptive statistical analysis are as follows: (1) mathematics learning achievements of students who were taught by using expository method with given a quiz is in high category that is equal to 70.65 with a standard deviation of 14.32 from the ideal score of 100 and (2) mathematics learning achievements of students who were taught by using expository method without given a quiz in the middle category that is equal to 56.85 with a standard deviation of 15.13 from the ideal score of 100. Inferential statistical analysis of the results obtained by the T test significance value p-value <α that is 0.00 <0.05 so that H0 is rejected or there are differences in mathematics learning achievement of students who were taught by using expository method with given a quiz with by using the expository method without given a quiz. Based on the experiment result, it can be concluded that the expository method with given a quiz is better than expository method without given a quiz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:00
Last Modified: 25 Apr 2016 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item