Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah System Analysis IT Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar

Arsyad, Rahmat (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah System Analysis IT Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel_Jurnal_-_rahmat_arsyad[1].pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmat Arsyad, Pengembangan Media Pembeajaran Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mata Kuliah System Analysis IT di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. 2020, Skripsi dibimbing oleh bapak Ridwansyah dan Edy Sabara. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi google classroom pada mata kuliah system analysis IT di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi google classroom pada mata kuliah system analysis IT di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Researche and development yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Desain pengembangan yaitu model pengembangan EDDIE yang terdiri dari 5 tahapan dan di modifikasi menjadi 3 tahapan yaitu: tahap analisis, tahap desaign, dan tahap development. Instrument penelitian menggunakan lembar penilaian untuk Ahli Media dan Mahasiswa. Adapun hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah system analysis IT ahli media 1 memperoleh persentase sebesar 91.25% di nyatakan sangat layak. Ahli Media 2 memperoleh persentase sebesar 81.25% di nyatakan layak. Hasil uji coba mahasiswa dalam uji coba satu-satu memperoleh persentase sebesar 90.38% di nyatakan sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91.61% di nyatakan sangat layak dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 89.87% dinyatakan sangat layak. Dari hasil penelitian media pembelajaran system analysis IT yang dikembangkan mencapai kategori “Sangat Layak” untuk digunakan atau di implementasikan dalam pembelajaran system analysis IT. (Kata kunci: media pembelajaran, google classroom dan system analysis IT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:25
Last Modified: 04 Jun 2021 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item