KREASI KERAJINAN TEMPAT GELAS DARI BAHAN LIMBAH GELAS PLASTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 190 LAUNGA KABUPATEN SOPPENG

SATRIADI, SATRIADI (2020) KREASI KERAJINAN TEMPAT GELAS DARI BAHAN LIMBAH GELAS PLASTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 190 LAUNGA KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (382kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan peserta didik Kelas IV SDN 190 Launga Kabupaten Soppeng dalam membuat kerajinan dari bahan limbah gelas plastik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan peserta didik kelas IV SDN 190 Launga dalam membuat tempat gelas dari bahan limbah gelas plastik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDN 190 Launga secara keseluruhan dan guru bidang studi Seni Budaya SDN 190 Launga. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV sebanyak 19 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analilis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan statistik sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik kelas kelas IV SDN 190 Launga dikategorikan baik dalam membuat kerajinan dari bahan limbah gelas plastik. Kendala yang dihadapi peserta didik dalam membuat kreasi kerajinan tangan dari limbah gelas plastik yaitu terbatasnya waktu yang diberikan kepada peserta didik dalam hal kegiatan membuat prakarya, kurangnya motivasi dan inspirasi peserta didik dalam membuat karya kerajinan serta peserta didik sendiri yang harus menyiapkan alat dan bahan karena tidak adanya fasilitas alat dan bahan yang disediakan sekolah untuk mendukung pembelajaran dalam membuat karya kerajinan khususnya kerajinan dari limbah gelas plastik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2021 02:40
Last Modified: 28 May 2021 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20107

Actions (login required)

View Item View Item