UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR DIVERGENT PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PINRANG KECAMATAN PATAMPANUA KABUPATEN PINRANG

ISWAHYUDI A.TP, ISWAHYUDI A.TP (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR DIVERGENT PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PINRANG KECAMATAN PATAMPANUA KABUPATEN PINRANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dribbling di SMA Negeri 5 Pinrang dan mengetahui apakah gaya mengajar divergent dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar dribbling siswa SMA Negeri 5 Pinrang pada permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan jumlah siswa 24 orang (Total Sampling). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan Pre Test, Tes Siklus I, Tes Siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan : Penerapan Model Pembelajaran Gaya Divergent mampu meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XII SMA Negeri 5 Pinrang. Peningkatan hasil belajar siswa tesebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui pemberian tes seperti Pre Test, Siklus I, dan Siklus II. Dalam proses pembelajaran pada Pre Test dengan jumlah siswa keseluruhan 24, yang tuntas sebanyak 3 orang atau 20 %. Dalam proses pembelajaran pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 40%. Dalam proses pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 atau 91,66%. Dengan Metode Gaya Divergent dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran teknik dribbling pada siswa kelas XII SMA Negeri 5 Pinrang, Tahun Ajaran 2020/2021. Kata kunci : Divergent, Dribbling, Sepakbola.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 May 2021 06:34
Last Modified: 24 May 2021 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20093

Actions (login required)

View Item View Item