PABALIK, VELY (2021) PENERAPAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 13 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Jurnal.pdf Download (355kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang tingkat motivasi belajar siswa SMPN 13 Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Gambaran Motivasi Belajar di SMPN 13 Makassar, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan pendekatan Solution Focused Brief Counseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 13 Makassar, (3) Apakah pendekatan Solution-Focused Brief Counseling mampu meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 13 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa SMPN 13 Makassar yang duduk di kelas 8.5 berinisial RS dan AR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan. (1) Tingkat motivasi belajar subjek RS dan AR tergolong rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) Tingkat motivasi belajar RS dan AR selama diberikan perlakuan berupa solution focused brief counseling meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisisi dalam kondisi Intervensi (B), (3) Tingkat motivasi belajar subjek RS dan AR setelah diberikan perlakuan mengalami sedikit penurunan, namun masih dalam kategori tinggi dilihat dari kondisi pada baseline 2 (A2). Dengan demikian tingkat motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata Kunci : Solution Focused BrieF Counseling, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 21 May 2021 03:32 |
Last Modified: | 21 May 2021 03:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20083 |
Actions (login required)
View Item |