PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS

Ildiyawati, Ildiyawati (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL ILDIYAWATI.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan (2) Hasil belajar siswa. setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup ke siklus II dengan kualifikasi baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:44
Last Modified: 30 Apr 2021 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20024

Actions (login required)

View Item View Item