PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

Asmita, Nur (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Nur Asmita 01.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, pertama gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupen Takalar, kedua gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS Kelas IV SDN 72 Bontoloe kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, ketiga pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing masing terdiri dari 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumen. Data dikumpulkan dari pemberin angket pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan ststistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test hasil penelitian statistik inferensial diperoleh nilai probelitas pada posttest kedua kelompok yaitu P=0,03 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Kata Kunci: model pembelajaran crh, motivasi belajar, ips

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:47
Last Modified: 22 Apr 2021 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item View Item