PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 351 KAWASAN AMMA TOA KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA

Yustika, Yustika (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 351 KAWASAN AMMA TOA KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL YUSTIKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dan menggunakan bentuk One Group PretestPosttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan Paired sample TTest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat dikatakan baik, (2) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dalam pembelajaran, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: model kooperatif tipe pair check, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:45
Last Modified: 22 Apr 2021 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item