KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE

Amrullah, Amrullah (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal - Amrullah.pdf

Download (167kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui gambaran kegiatan intrakurikuler di SMAN 1 Sendana. (2) Mengetahui gambaran kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sendana. (3) Mengetahui gambaran kepemimpinan Kepala SMA Negeri 1 Sendana dalam pengelolaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. (4) mengetahui faktor – faktor penghambat dan pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sendana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendana. informan dari penelitian ini adalah Kepala SMA Negeri 1 Sendana. wakil kepala sekolah urusan kurikulum, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, dan sebagian guru. teknik pengupulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Sendana berjalan baik dengan menggunakan kurikulum 2013 dan menggunakan metode saintifik dalam pembelajarannya. (2) Kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sendana teorganisasi dengan baik, ekstrakurikuler wajib maupun ekstrakurikuler pilihan. (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pengelolaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler berjalan dengan baik dalam tiga hal yaitu : (a) Kemampuan mempengaruhi yang dimiliki oleh kepala sekolah dengan penampilan, keteladanan, dan transparansi. (b) Kemampuan bekerja sama dengan mengadakan rapat sebelum pelaksanaan kegiatan dan saling mensupport dalam setiap kegiatan. (c) pemahaman visi dan misi dengan mendasarkan program kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler pada visi dan misi sekolah., namun dalam hal (d) kemampuan berkomunikasi dengan melakukan rapat/ pertemuan masih perlu ditingkatkan utamanya komunikasi non formal. (4) faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah adalah adanya dukungan oleh semua unsur disekolah ditambah lagi lokasi sekolah yang mudah diakses oleh semua orang, sedangkan faktor penghambat adalah banyak siswa dan guru yang tinggal jauh dari sekolah, guru yang berstatus PNS masih kurang menyebabkan pembiayaan untuk honorer menjadi banyak. Kata Kunci : Kepemimpinan kepala sekolah, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:37
Last Modified: 21 Apr 2021 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19966

Actions (login required)

View Item View Item