PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMP NEGERI 1 KALUKKU KABUPATEN MAMUJU

Marsono, Marsono (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMP NEGERI 1 KALUKKU KABUPATEN MAMUJU. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Marsono Mamuju.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru, gambaran motivasi kerja guru serta faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian pada SMP Negeri 1 Kalukku yang terletak di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan tehnik analisis data berupa reduksi data, penyajian/display data, dan verifikasi data dengan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa; (i) peran kepala sekolah sebagai motivator, melakukan pengaturan lingkunga kerja yang kondusif, mengatur suasana kerja yang nyaman, penerapan prinsip pemberian penghargaan dan hukuman, dan mendorong guru untuk mengembangkan karier (ii) motivasi kerja guru di SMP Negeri 1 Kalukku tergolong baik, (iii) faktor pendukung peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SMP Negeri 1 Kalukku yaitu sarana dan prasarana sekolah, lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan, motivasi dan tanggung jawab yang tinggi, sementara faktor yang menghambat yaitu kebijakan mengenai program pelatihan pengembangan mutu guru yang masih kurang dan suasana dan kondisi politik yang masih mempengaruhi penempatan dan perpindahan guru Kata kunci: Kepala sekolah, motivator, motivasi kerja, guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Apr 2021 06:24
Last Modified: 20 Apr 2021 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item