PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PAMBOANG

Hariyati, Hariyati (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PAMBOANG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
HARIYATI JURNAL S2.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Motivasi Pembelajaran dan Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang. (2) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang. (3) Pengaruh Motivasi Pembelajaran terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang. (4) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Pembelajaran terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang. Dalam penelitian ini kegiatan supervisi akademik dan motivasi pembelajaran dianggap sebagai variabel bebas (X) dan Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi dari penelitian ini adalah 141 orang guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang . Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan multy stage random sampling, yaitu sebanyak 35responden. Data didapatkan dengan menggunakan Angket dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) a.Pelaksanaan Supervisi akademik kepala sekolah berada dalam kategori rendah, b. Motivasi Pembelajaran berada dalam kategori sangat tinggi, c. Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang berada dalam kategori sangat tinggi. (2) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang karena telah melaksanakan supervisinya secara maksimal. (3) motivasi pembelajaran berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang karena semangat kerja guru yang tinggi. (4) supervisi akademik kepala sekolah dan ii motivasi pembelajaran berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Pamboang dilihat dari tinnginya kinerja guru. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Motivasi Pembelajaran, dan Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Apr 2021 05:22
Last Modified: 20 Apr 2021 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item View Item