PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI SAMAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA MAS DDI PATTOJO ROMPEGADING SOPPENG

Hafizh, Muh. (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI SAMAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA MAS DDI PATTOJO ROMPEGADING SOPPENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Lisdawati_1582041011.pdf

Download (140kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini menjawab masalah: (1) Penerapan metode demonstrasi dan media audio visual yang dapat meningkatkan kemampuan menari Tari Saman pada siswa MAS DDI Pattojo Rompegading Soppeng. (2) Hasil peningkatan kemampuan menari Tari Saman dengan menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual pada siswa MAS DDI Pattojo Rompegading Soppeng. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: studi pustaka dengan membaca beberapa buku, jurnal, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis yang sebagian diambil dari internet, peneliti melakukan observasi awal dengan turun langsung di lapangan mengamati subyek penelitian, melakukan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru mata pelajaran seni budaya, memberikan tes kinerja kemudian melakukan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Penerapan metodedemonstrasi dilaksanakan sebanyak II siklus dikarenakan pada siklus I masih ada siswa yang belum mencapai nilai KKM. Setelah dilaksanakan siklus II dengan bantuan pelatihan dari teman dan pengaplikasian media audio visual berupa video Tari Saman untuk membantu meningkatkan minat belajar siswa sehingga secara tidak langsung siswa kelas X MIA 1 di MAS DDI Pattojo berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menari Tari Saman. (2) Hasil dari penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIA 1 di MAS DDI Pattojo dalam menari Tari Saman dengan penggunakan siklus I dan siklus II. Hal ini terbukti secara empiris bahwa peningkatan persentase ketuntasan siswa yang mencapai nilai KKM 70 pada nilai pra siklus hanya 40%, pada siklus I meningkat menjadi 80% dan setelah pelaksanaan tindakan siklus II meningkat menjadi 100%. Peningkatan keberhasilan atau persentase peningkatan diketahui nilai pra siklus mencapai 66%, pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada siklus ke II meningkat menjadi 88%. Kata Kunci: peningkatan, kemampuan, tari Saman, metode demonstrasi, media audio visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:25
Last Modified: 13 Apr 2021 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item