KUALITAS BATIK TULIS KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN TEKSTIL SMK NEGERI 3 GOWA

Pertiwi, Elma (2020) KUALITAS BATIK TULIS KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN TEKSTIL SMK NEGERI 3 GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ELMA PERTIWI.pdf

Download (536kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas batik tulis karya peserta didik Kelas XI SMK Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa. Variabel penelitian yaitu kualitas karya batik tulis ditinjau dari segi: kreativitas, estetika dan teknis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang dianalisis dari hasil karya batik tulis yang dibuat oleh peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Gowa. Data yang bersifat kualitatif adalah data yang diperoleh melalui hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dari karya batik tulis. Data yang bersifat kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil penilaian ahli/tim penilai karya. Semua data yang telah dikumpulkan, kemudian diolah untuk selanjutnya dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kualitas batik tulis karya peserta didik dari aspek kreativitas dengan nilai rata-rata 83,06 (kategori baik), aspek estetika dengan nilai rata-rata 86,06 (kategori baik), dan aspek teknis dengan nilai rata-rata 86,39 (kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kualitas batik tulis karya peserta didik kelas XI sudah baik dan sudah memenuhi tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Kata Kunci : Batik tulis, tekstil, kualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:23
Last Modified: 13 Apr 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19843

Actions (login required)

View Item View Item