PENGEMBANGAN TRAINER KENDALI INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Ratnawati, Ratnawati (2021) PENGEMBANGAN TRAINER KENDALI INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui hasil pengembangan Trainer Kendali Instalasi Motor Listrik di SMK. dan (2) Untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap Trainer Kendali Instalasi Motor Listrik dalam pembelajaran mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik di SMK. Dalam merancang media pembelajaran mengembankan trainer kendali motor listrik pada kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Tepatnya di SMK Negeri 2 jeneponto, subjek uji cobanya Siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi dan angket. Teknik Analisis Data yakni persentase kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini, yaitu; (1) proses pengembangan Trainer Kendali Instalasi Motor, ini mengacu pada model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation; dan (2) produk yang dihasilkan berupa Trainer Kendali Instalasi Motor Listrik yang telah divalidasi oleh tim ahli media. Berdasarkan Uji coba trainer terhadap Siswa baik dalam uji coba one to one, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan diperoleh hasil dengan kategori sangat efektif dan dinyatakan valid. Berdasarkan uji validitas dari kedua katergori tersebut dismpulkan bahwa Trainer Kendali Instalasi Motor Listrik yang telah dikembangakan layak untuk disunakan. Kata Kunci : Kendali, Instalasi Listrik, Pengembangan Trainer

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > TEKNOLOGI PENDIDIKAN (S2)
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:29
Last Modified: 06 Apr 2021 04:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item