PENERAPAN SNOWBALL THROWING (ST) DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 3 BONTOCANI KABUPATEN BONE

hasbi, Hasbi (2021) PENERAPAN SNOWBALL THROWING (ST) DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 3 BONTOCANI KABUPATEN BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL 2021.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK HASBI. “Penerapan Snowball Throwing (ST) dalam Pembelajaran Pemahaman Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Bontocani Kabupaten Bone”. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Achmad Tolla, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Munirah, M.Pd selaku pembimbing II) Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji pelaksanaan penerapan model Snowball Throwing (ST) dalam pembelajaran pemahaman berita siswa dan (2) Untuk mengkaji hasil penerapan model Snowball Throwing (ST) dalam pembelajaran pemahaman berita siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Bontocani. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan pre tes dan post tes yang berfungsi untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan kajian penerapan snowball throwing pada pembelajaran pemahaman berita, peserta didik dikatakan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan sikap antusiasme serta respons peserta didik dalam pembelajaran. (2)Berdasarkan nilai daya serap (82,83%)dan nilai rata-rata (85,15) serta output test statistik, diketahui bahwa Asymp.Sig(2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,5, maka disimpulkan bahwa “Ha diterima” artinya ada perbedaan pre test dan post test, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Bontocani Kabupaten Bone lebih optimal. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif , Snowball Throwing (ST), Berita.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:06
Last Modified: 06 Apr 2021 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item