Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Muatan Pembelajaran Ipa Di Sdn Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Prat iwi, Arindah (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Muatan Pembelajaran Ipa Di Sdn Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Arindah Pratiwi PGSD.pdf

Download (665kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada muatan pembelajaran IPA di SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran crossword puzzle sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Data hasil penelitian yang diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada tema peduli terhadap makhluk hidup, sub tema hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai pretest berada pada kategori baik ini dikarenakan nilai mean hasil belajar secara keseluruhan berjumlah 80,19 sedangkan dari posttest juga berada pada kategori baik dikarenakan berdasarkan nilai mean hasil belajar secara keseluruhan berjumlah 83,27 sedangkan hasil analisis statistik inferensial setelah dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis menggunakan paired sample T-test yang nilai probabilitasnya 0,000 < 0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak karena kriteria pengujiannya apabila nilai probabilitas lebih besar dari taraf nyata 0,05 maka Ho di terima dan Ha ditolak dengan kata lain data pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kelas IV pada muatan pembelajaran IPA di SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: strategi pembelajaran, crossword puzzle, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Mar 2021 06:26
Last Modified: 30 Mar 2021 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item