IMPLEMENTASI MODIFIKASI BOLA DENGAN METODE PERMAINAN BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SMK NEGERI 6 PANGKEP

AULIYAQ, HIMMATUL (2021) IMPLEMENTASI MODIFIKASI BOLA DENGAN METODE PERMAINAN BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SMK NEGERI 6 PANGKEP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL HIMMATUL AULIYAQ.pdf

Download (536kB)
[img] Text
jurnal.pdf

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK HIMMATUL AULIYAQ, 2020. Implementasi Modifikasi Bola Dengan Metode Berkelompok Pada Permainan Bolavoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Siswa SMK Negeri 6 Pangkep kab. pangkep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (Pembimbing I, Ramli, dan Pembimbing II, H. Andi Suyuti). Penelitian ini Adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan modifikasi bola dengan metode permainan berkelompok dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli siswa SMK Negeri 6 pangkep. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Pangkep yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 laki laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data kemampuan passing bawah bola voli dengan menggunakan lembar penilaian passing bawah yaitu sikap awal, pelaksanaan, dan sikap akhir. Serta lembar penilaian pilihan ganda, siklus 1 dan siklus 2 data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data kemampuan passing bawah menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus 1 adalah 10 siswa dengan persentase 37,0% dari 27 siswa dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus 2 adalah 25 siswa dengan persentase 93% dari 27 siswa. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan passing bawah secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani melalui penerapan modifikasi bola dengan metode permainan berkelompok dapat meningkatkan kemampuan passing bawah siswa SMK Negeri 6 pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Mar 2021 05:57
Last Modified: 29 Mar 2021 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item