PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

FAIZAL, FAIZAL (2021) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL-FAIZAL-1692041016-PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (508kB)

Abstract

The Effect of Tutoring on Accounting Learning Outcomes in Class X Students in the Accounting Skills Program at SMK Negeri 1 Makassar FAIZAL Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar E-mail: alfaizz0852@gmail.com RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel penelitian ini adalah bimbingan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar sebanyak 142 siswa, sedangkan sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, dan kuisioner/angket. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sementara uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi pearson product moment, analisis koefisien determinasi dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh model persamaan Y = 72,212 + 0,222X yang berarti bahwa jika variabel bimbingan belajar nilainya nol,maka variabel hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar sebesar 72,212 satuan. Dari hasil analisis korelasi product moment (r) diperoleh nilai r = 0,659 yang berada pada interval 0,600 – 0,799 yang berarti bimbingan belajar memiliki hubungan yang kuat terhadap hasil belajar siswa. Sementara dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 0.434 yang berarti bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 43,4% dan sisanya 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Serta analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:13
Last Modified: 29 Mar 2021 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19736

Actions (login required)

View Item View Item