Penerapan Model Take And Give pada Pembelajaran Tema 2 tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang

Musfirah, Musfirah and Mukhlisa, Nurul and Fitri, Nur (2021) Penerapan Model Take And Give pada Pembelajaran Tema 2 tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL (1647142004 - NUR FITRI).pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil dan proses belajar peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang menggunakan model take and give. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan pratindakan kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan peserta didik peneliti menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang dengan jumlah peserta didik 12 orang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 3 peserta didik perempuan. Data hasil belajar diperoleh dengan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh seama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 74% untuk siklus I, dan nilai rata-rata sebesar 87% untuk siklus II. Kemudian pada siklus I sebanyak 6 peserta didik mencapai tingkat ketuntasan minimal. Sedangkan pada siklus II sebanyak 11 peserta didik sudah mencapai tingkat ketuntasan minimal. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang pada pembelajaran tema 2 tentang persatuan dan kesatuan. Kata kunci : Take and Give, persatuan dan kesatuan, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:51
Last Modified: 23 Mar 2021 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item View Item