Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic, Auditory, Visual dan Intellectualy) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang

Yulia, Yulia and Shasliani, Shasliani and Isnawati, Isnawati (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic, Auditory, Visual dan Intellectualy) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ISNAWATI_1647140005.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dalam meningkatkan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan pratindakan kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa peneliti menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 106 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif . Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rat-rata hasil belajar siswa sebesar 74,44 untuk siklus I dan nilai rata-rata sebesar 82,22 untuk siklus II. Kemudian pada siklua I sebanyak sebanyak 12 siswa mencapai tingkat ketuntasan minamal. Sedangkan pada siklus II sebanyak 16 siswa sudah mencapai tingkat ketuntatasan minimal. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa khususnya dengan penerapan model pembelajaran SAVI pembelajaran pada siswa kelas IV UPT SDN 106 Pinrang mengalami peningkatan. Kata kunci : Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:49
Last Modified: 23 Mar 2021 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item