Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang

Musfirah, Musfirah and Hasan, Kamaruddin and Munarti, Munarti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL_ 1647140003 MUNARTI.pdf

Download (516kB)

Abstract

ing (RBL) terhadap motivasi belajar siswa tentang hak dan kewajiban dalam memanfaatkan tumhuhan kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian pra-eksperimen dalam bentuk one group pretest posttest design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample junuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang, kemudian sampelnya adalah Kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang yang berjumlah 25 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner/angket motivasi belajar pada materi hak dan kewajiban dalam memanfaatkan tumbuhan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan analisis Paired Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh p = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05 dan thitung = 13.404 > ttabel = 2.064. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang pada materi pokok hak dan kewajiban dalam memanfaatkan. Kata kunci: resource based learning, hak dan kewajiban dalam memanfaatkan tumbuhan, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:43
Last Modified: 23 Mar 2021 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19662

Actions (login required)

View Item View Item