Studi Deskriptif Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap

Zainal, Zaid and Tuken, Ritha and Natsir, Sriyana (2021) Studi Deskriptif Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL (1647142001-SRIYANA NATSIR).pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan panitia PPDB UPT SD Negeri 1 Baranti, UPT SD Negeri 2 Baranti, UPT SD Negeri 3 Baranti dan UPT SD Negeri 8 Baranti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, kegiatan PPDB sekolah dasar di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap dilaksanakan melalui tahap-tahap yaitu pembentukan panitia PPDB, menyebarkan informasi pendaftaran PPDB, pendaftaran, pemeriksaan berkas, pengumuman PPDB, dan pencatatan data peserta didik baru dalam buku penerimaan peserta didik baru dan buku induk. Kedua, PPDB sekolah dasar di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap dilaksanakan melalui jalur zonasi dan perpindahan orang tua/wali. Ketiga, pelaksanaan PPDB sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap dilakukan secara luring (luar jaringan) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kata kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:27
Last Modified: 23 Mar 2021 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19661

Actions (login required)

View Item View Item