PERAN INDUSTRI SEPEDA MOTOR TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI SMK JURUSAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR (TBSM) DI KABUPATEN WAJO

Sudirman, Sudirman (2021) PERAN INDUSTRI SEPEDA MOTOR TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI SMK JURUSAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR (TBSM) DI KABUPATEN WAJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Sudirman.pdf

Download (455kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Industri Sepeda Motor Yamaha Terhadap Pengembangan Pendidikikan di SMK Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), conclusion drawing/ verivication. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji Credibility (derajat kepercayaan) dengan cara melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Industri Sepeda Motor Yamaha pada SMK di Kabupaten Wajo dapat disimpulkan yaitu a) Pihak sekolah dan industri sepeda motor Yamaha telah memperkokoh link and match; b) Kurikulum yang di gunakan sekolah telah sinkron dengan kebutuhan industri; c) mengembangkan program-program dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan menguatkan pengetahuan, skill dan keterampilan sesuai tuntutan kurikulum; d) menghasilkan tenaga kerja menengah yang memiliki kualitas sesuai dengan kebutuhan industri; e) mendukung pengembangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di SMK masing-masing. g) Pemberian donasi kepada pihak sekolah berdasarkan tingkatan kelas kerja sama, f) Khusus untuk kelas khusus Yamaha yaitu 1) Magang rutin pada semester 3 dan 4. 2) Didatangkan guru tamu dari Yamaha terdekat setiap bulan. Kata kunci : konsep kerja sama dan tingkatan kelas kerja sama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:00
Last Modified: 23 Mar 2021 05:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item