IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK DI SMAN 5 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR

Wahyuni, Qoriatul (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK DI SMAN 5 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan meningkatkan hasil Belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Di SMAN 5 Takalar, semester 2 tahun ajaran 2019/2020, sebanyak 33 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah deskripsi .Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan nilai tes hasil belajar tiap siklus serta data hasil observasi aktivitas siswa. Dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas XI PIS SMAN 5 Takalar adalah 75 untuk mata pelajaran geografi. (1) Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan rata-rata hasil belajar geografi siklus I 42 persen ketuntasan dan siklus II dengan peningkatan persentase hasil belajar 87,05 persen. (2) Secara kualitatif, terjadi perubahan aktivitas belajar geografi siswa pada siklus I 66.7 persen mengalami perubahan sikap pada siklus II 87,05 persen termasuk dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blanded Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Di Sman 5 Takalar Kabupaten Takalar Kata kunci : Pembelajaran Blanded learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:56
Last Modified: 23 Mar 2021 04:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item