PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

MARYAM, MARYAM (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-MARYAM-1592040028 -PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, (2) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, dan (3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), kesulitan belajar siswa sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar yang terdiri dari 319 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05 dan kesulitan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:21
Last Modified: 23 Mar 2021 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19635

Actions (login required)

View Item View Item