PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN NO. 160 INPRES BONTOLEBANG TAKALAR

Asmawati A., Asmawati A. (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN NO. 160 INPRES BONTOLEBANG TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ASMAWATI A..pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN No. 160 Inpres Bontolebang Takalar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran IPA?, (2) bagaimanakah gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example?, (3) apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran IPA, (2) gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental dalam bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang siswa, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket (kuisioner), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran IPA kelas V SDN No. 160 Inpres Bontolebang Takalar berada pada kategori sangat efektif, (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN No. 160 Inpres Bontolebang Takalar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example mengalami peningkatan, (3) Pengujian hipotesis menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe example non example berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN No. 160 Inpres Bontolebang Takalar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:55
Last Modified: 22 Mar 2021 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19625

Actions (login required)

View Item View Item