PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDI TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nurfadila MY, Nurfadila MY (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDI TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN.docx.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis pre eksperiment design yang bertujuan: (1 )Untuk mengetahui gambaran metode pembelajaran mind mapping pada Pembelajaran Tematik; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping di kelas III SDI Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas III SDI Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran mind mapping, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar pada pembelajaran tematik.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDI Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar, sedangkan sampelnya adalah kelas III A sebagai kelas yang akan digunakan dalam penelitian.Data hasil penelitian diperolehdengan memberikan tes hasil belajar pada pembelajaran tematik berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu Paired Sample T Test. Berdasarkan hasil anasisis stastika inferensia diperoleh nilai probabilitas=0,000 lebih kecil dari α=0,05. Hal ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik peserta didik kelas III SDI Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, mind.mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:26
Last Modified: 19 Mar 2021 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19590

Actions (login required)

View Item View Item