PELAYANAN PUBLIK DAN KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR)

Nurdin, Nur Azizah (2021) PELAYANAN PUBLIK DAN KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL JIJA.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses pelayanan, tingkat kepuasan masyarakat serta untuk mengetahui hubungan pelayanan dan kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah seluruh Aparatur Sipil Negara yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dan jumlah sampel pada masyarakat yang menerima pelayanan sebanyak 71 orang dengan penarikan sampel menggunakan teknik random sample dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi presentase, analisis korelasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima berarti adanya hubungan yang signifikan antara Standar Operasional Prosedur dan kepuasan masyarakat. Adapun rekomendasi dari penelitian ini adalah setiap Aparatur Sipil Negara harus mengetahui bahwa pentingnya mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam bekerja agar efektivitas proses pelayanan dapat diberikan dengan maksimal sesuai dengan harapan masyarakat yang menerima pelayanan. Kata Kunci: Pelayanan Publik dan Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Mar 2021 05:31
Last Modified: 19 Mar 2021 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19586

Actions (login required)

View Item View Item