KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 DI DESA BATU GADING KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

Purnama, Dewi Krisna (2021) KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 DI DESA BATU GADING KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal_Dewi-fix-dikonversi.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui KinerjaBadan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Melaksanakan Fungsi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 di Desa Batu Gading Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang diukur dengan indikator Efisiensi, Efektivitas, Keadilan dan Daya tanggap. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam melaksanakan fungsi berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 yaitu membahas dan menetapkan peraturan desa bersama kepala desa dan mengawasi kinerja kepala desa sudah berjalan dengan baik, namun pada fungsi menampung aspirasi masyarakat belum sepenuhnya baik terkait pada indikator Efektivitas dikarenakan keadaan sumber daya manusia yang ada pada BPD yang kurang aktif, BPD tidak melakukan komunikasi yang baik dilingkungan masyarakat secara langsung dalam menampung aspirasi masyarakat, serta tidak adanya sarana seperti kantor BPD untuk mendukung terlaksananya fungsi BPD dengan baik. Kata Kunci: Kinerja , Pelaksanaan fungsi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:59
Last Modified: 18 Mar 2021 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item